Cara Membuat Subdomain di Blogger dari Domain Utama

Cara Membuat Subdomain di Blogger

gema.my.id - Anda sudah membeli Domain dan ingin membuat subdomain baru misalnya untuk safelink bagi blog utama tentu bingung karena tidak ada opsi penambahan subdomain di layanan Domain yang dibeli.
Subdomain dapat dengan mudah bisa kita buat melalui cPanel Hosting namun apa jadinya jika kita ingin membuatnya tanpa membeli layanan hosting dan hanya membeli domain?

Pada posting ini mari kita belajar membuat subdomain untuk blog di blogger dengan cara menggunakan DNS Management yamg ada pada penganturan Domain tanpa harus membeli layanan hosting.

Apa Itu Subdomain?

Subdomain adalah ekstensi tambahan dari domain yang sudah ada. Contohnya, jika memiliki blog utama dengan url www.blogkamu.com, anda dapat menambahkan subdomain tutorial.blogkamu.com. nama tutorial itu adalah subdomain.

Sebenarnya awalan www pada domain utama seperti www.blogkamu.com juga merupakan subdomain, namun seringnya dijadikan alamat domain utama membuat www seakan menjadi induk dari domain.

Fungsi Subdomain

Pada dasarnya sebuah subdomain memiliki fungsi sebagai situs terpisah dari situs utama, sebagai layanan yang masih terkait dengan domain utama. Contohnya, google.com mempunyai layanan translate dengan subdomain translate.google.com

Menggunakan subdomain adalah cara praktis untuk memiliki beberapa situs di satu domain. Artinya dengan membuat Subdomain memungkinkan kita untuk membuat situs atau blog baru dengan hanya membeli satu domain sebagai induk situs.

Langkah membuat subdomain di Blogger

Untuk membuat subdomain di blogger atau blogspot caranya sangat mudah anda hanya perlu mengikuti dua langkah singkatnya, cara ini sudah saya gunakan untuk membuat subdomain safelink untuk situs ini.

Namun perlu diketahui syarat utama untuk membuat subdomain yang akan kita pasang di blogger adalah anda mempunyai control penuh untuk mengatur DNS Domain seperti layanan domain di Niagahoster.

Oke, mari kita mulai langkah demi langkahnya dibawah ini :

1. Setting Subdomain di Blogger

Pertama silahkan anda login ke blogger pilih blog yang akan kita ganti dengan subdomain. Buka Pengaturan > Memublikasikan > Domain kustom.

Domain kustom di Blogger

Isi Domain Kustom dengan subdomain yang anda inginkan, sebagai contoh saya membuat subdomain safelink.gema.my.id dari domain utama www.gema.my.id.

Setelah itu klik Simpan.

2. Setting Subdomain di DNS Management Domain

Langkah terakhir kita harus setting subdomain di tempat kita membeli domain utama, karena saya membeli domain di Niagahoster, maka untuk contohnya kita akan setting subdomain di Panel Niagahoster.

Silahkan anda login ke Panel atau Member area niagahoster.co.id kemudian Pilih Layanan Anda > Domain. Setelah itu klik Kelola Domain pada domain yang akan kita buat subdomain di blogger.

Kelola domain

Setelah masuk ke Pengaturan Domain kita pilih opsi DNS Management, gulir ke bawah klik Add Record. Sekarang kita akan membuat Record CNAME baru untuk subdomain di blogger.

Add Record Domain

Silahkan isi detail Record sebagai berikut :
  • Record Type - pilih type CNAME
  • Subdomain - Isi dengan nama subdomain anda, contoh diatas saya membuat subdomain safelink dari domain utama gema.my.id.
  • Host Name - Isi dengan ghs.google.com
  • TTL - Biar secara default 14400

Setelah mengisi detail record baru, silahkan Save Record.

Disini saya hanya membuat satu record baru untuk membuat subdomain baru dari domain utama.
Sampai disini kita sudah selesai membuat subdomain baru di blogger dari domain utama, langkah selanjutnya tinggal menunggu proses Resolving DNS dan update konfigurasi selama kurang lebih 1x24 jam.

Jika selama 1x24 jam subdomain yang dibuat belum bisa diakses atau error, silahkan perhatikan kembali langkah-langkah diatas sudah benar atau tidak.


Mungkin saya akhiri posting kali ini tentang Cara membuat Subdomain di Blogger dari Domain Utama sebagai pengganti subdomain gratis dari blogger . blogspot.com berguna juga untuk membuat blog safelink untuk blog utama.

Jika ada yang kurang dipahami jangan sungkan untuk menulisnya pada komentar dibawah, Terimakasih telah berkunjung di gema.my.id.
See you...

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama