Tutorial Cara Membuat Blog Gratis Blogspot

Tutorial Cara Membuat Blog Gratis Blogspot

gema.my.id - Jika ingin membuat blog secara gratis anda bisa mencoba membuat di Blogger.com yang merupakan situs penyedia blog gratis milik Google dimana anda dapat membuat blog secara gratis.


Selain itu anda akan mendapatkan subdomain gratis .blogspot.com misalnya, terkuakblog.blogspot.com namun anda juga bisa membeli domain berbayar seperti .com untuk dihubungkan ke blogger.

Meskipun ada banyak platform penyedia blog gratis seperti WordPress.com, Weebly dan Tumblr. Namun di Blogger.com memberi kebebasan yang besar dalam mengelola blog dan juga banyak fitur yang disediakan.

Anda juga dapat memonetisasi blog anda dengan Google AdSense untuk mendapatkan penghasilan online dan program lain seperti pemasaran afiliasi dengan mudah tidak seperti platform blog gratis lainnya.

Dengan berbagai fitur yang ada pada Blogger.com maka sangat disarankan untuk anda yang baru mengenal blog dan berkeinginan membuat blog secara gratis.

Dan untuk posting kali ini saya akan menunjukkan Step by Step bagaimana cara membuat blog blogspot gratis di blogger.com

1. Membuat Akun Blogger

Pertama silahkan buka situs Blogger.com , dan anda akan diminta untuk membuat blog gratis.

Beranda Blogger

Karena blogger.com adalah salah satu produk dari Google, anda dapat dengan mudah membuat akun blog gratis dengan menggunakan akun Gmail anda.

Login Blogger memakai Gmail

Setelah masuk, anda akan diminta untuk memilih nama blog:

Daftar Nama Blog Blogspot

Kemudian di halaman berikutnya, anda bisa memilih subdomain untuk blog dan pastikan subdomain atau alamat url blog yang dipilih tersedia untuk didaftarkan. seperti contoh gambar dibawah ini:

Daftar Alamat URL Blog Blogspot

Jika sudah memilih nama blog dan subdomain atau alamat url blog, anda akan langsung di alihkan pada dashboard blogger.com

2. Mengoptimalkan Blog Blogspot

Setelah Anda membuat blog, kita harus mengoptimalkan blog terlebih dahulu agar mempemudah blog untuk dapat tampil di mesin pencari seperti Google Search.

Menu Setelan Blogger

Untuk mengaturnya silahkan anda pilih menu Setelan pada dashboard blogger, dan cara untuk mengoptimasi blog seperti dibawah ini:

Menambahkan deskripsi ke Blog

Menambahkan deskripsi ke blog akan membantu pengunjung dan mesin pencari untuk mengetahui tentang blog anda. Cara mengaturnya ada di opsi Dasar pada menu Setelan:

Tambahkan Deskripsi Blog Blogspot

Mengoptimalkan Tampilan Posting Blog

Pada bagian ini akan mengoptimalkan tampil beranda blog dan juga mengatur komentar pengunjung pada postingan blog anda.

Mengoptimalkan Pengaturan Posting Blogspot

Pengaturan ini ada di opsi Postingan dan Komentar pada menu Setelan, silahkan anda atus sesuai dengan kebutuhan.

Mengoptimalkan SEO Blog

SEO sangat penting bagi blog agar selalu tampil dihalaman mesin pencari, silahkan gulir ke bawah untuk mengaturnya.

Preferensi Pencarian Blogspot

Tag meta : Silahkan tulis ringkasan tentang blog anda disini, Ini akan muncul di mesin pencari dan akan menarik pengunjung ke blog anda.

404 Khusus : Saat orang membuka blog anda melalui URL yang mungkin sudah tidak ada, anda dapat menyetel pesan kepada mereka bahwa halaman tersebut tidak ada dan dapat juga menyetel teks khusus yang menginstruksikan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Pengalihan khusus : Jika ada yang menautkan ke salah satu posting atau halaman anda, dan kebetulan telah terhapus halaman itu atau mereka menautkan ke URL yang salahl, Anda dapat menggunakan opsi ini untuk mengarahkan semua backlink tersebut ke satu halaman.

Bagian selanjutnya ada opsi Crawler dan pengindeksan, saya sarankan agar anda membiarkannya dan jangan merubahnya.

3. Edit Tema dan Tata Letak Blogspot

Blogger sudah menyediakan berbagai template atau tema gratis yang dapat anda gunakan untuk blog, untuk memilihnya silahkan ke menu Tema pada dashboard blogger.

Daftar Tema Default Blogspot

Sebagai contoh kita gunakan template Contempo Light dari daftar tema default blogger.

Namun, anda juga bisa menggunakan template blogger lainnya yang tersedia dan bisa anda download di internet, cara mudah mencarinya silahkan ke Google dan masukan kata kunci Template Blogger.

Selanjutnya kita akan edit tata letak tema tersebut pada menu Setelan > Tata Letak

Edit Tata Letak Tema Blogspot

Di opsi ini anda dapat mengatur tata letak tampilan blog, seperti menambahkan logo pada header blog agar terlihat menarik dan profesional.

Selain itu anda juga bisa menambahkan berbagai gadget khusus seperti tombol sosial media, opsi pencarian, formulir kontak , statistik pengunjung, sampai widget khusus mengunakam kode HTML.

Untuk menambahkan gadget khusus ke blogger pada layout tata letak tema ada hyperlink kecil yang bertuliskan "tambahkan gadget". Silahkan klik tautan itu dan anda akan melihat daftar gadget yang tersedia.

Daftar Gadget Default Blogger

Sampai disini anda sudah membuat blog yang profesional secara gratis di blogger.com. langkah selanjutnya adalah membuat konten untuk para pengunjung blog anda.

4. Membuat Halaman Blog

Halaman di blogger berbeda dengan Posting, Di blogger anda hanya dapat membuat 20 halaman. Sedang kan konten postingan anda dapat membuatnya tanpa batas.

Oleh karena itu Halaman biasanya digunakan pemilik blog untuk membuat halaman about, kebijakan privasi, dan disclaimer serta informasi lain yang selalu konstan.

Untuk membuat halaman baru pada blogger silahkan pilih menu Halaman pada dashboard blogger anda.

Membuat Halaman baru di Blogspot

5. Membuat Posting Blog

Sekarang saatnya anda menulis postingan atau artikel yang ingin ada sajikan untuk di baca oleh para pengunjung blog anda. bisa berupa topik yang anda kuasai atau kata kunci yang ingin di rangking saat orang mencarinya di Google.

Untuk membuat dan menulis posting, Silahkan pergi ke dashboard blogger dam pilih Menu Posting .

Membuat Postingan di Blogspot

Masukan terlebih dahulu Judul posting kemudian anda dapat menulis isi posting blog, menambahkan gambar dan bahkan link ke posting dan halaman lain di blog anda atau artikel referensi di seluruh web.

Cara pengeditan ini hampir sama saat anda membuat dokumen di Microsoft Word atau Google doc, jadi saya rasa anda tidak akan kesulitan untuk membuat konten posting di blogger.

Jika sudah selesai Membuat posting silahkan anda klik Publikasikan, untuk di tebitkan pada blog anda.

Nah, saya rasa cukup sekian posting kali ini tentang tutorial singkat Cara Membuat Blog Gratis Blogspot . semoga apa yang ada diatas mudah untuk dipahami bagi anda.

See you....

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama